SMK Negeri 2 Tasikmalaya - Sadar akan perlunya keberadaan Sekolah Teknik
Menengah untuk menghasilkan tenaga- ahli teknik tingkat menengah yang
memiliki keterampilan memadai serta siap pakai untuk mengisi kesempatan
dalam pembangunan ditanah air, ditambah pula dengan banyaknya animo
masyarakat didaerah Tasikmalaya, terutama untuk menampung tamatan dari
sekolah teknik yang akan melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi maka
beberapa tokoh masyarakat , unsur pejabat pemerintah di Kabupaten
Tasikmalaya mengusulkan kepada pemerintah pusat, melalui prosedur yang
berlaku pada waktu itu agar di Kabupaten Tasikmalaya dapat didirikan
Sekolah Teknik Menengah Negeri.
Setelah melalui perjuangan yang sangat panjang
akhirnya dengan adanya surat keputusan kepala jawatan pendidikan teknik
No:1/PBS/Dj/1961 tertanggal 20 September 1961 dan pada tanggal 1
Nopember 1961 Sekolah Teknik Menengah Negeri Tasikmalaya dibuka secara
resmi beralamat dijalan RAA Wiratanuningrat No.10/12 dilokasi tersebut
juga telah berdiri ST (Sekolah Teknik Negeri). Pada waktu pertama dibuka
tahun 1961 tersebut, STMN Tasikmalaya menerima siswa baru berjumlah 160
orang dari 225 pendaftar.
Ketika awal Berdiri STM Negeri 2 Tasikmalaya dipimpin
oleh Bapak R. Surya Sugiarto, BE mendapat izin membuka tiga Jurusan
yaitu jurusan Mesin Umum, Jurusan Listrik dan Jurusan Bangunan Gedung.
Waktu itu jurusan Listrik pembukaannya ditangguhkan beberapa waktu
berhubung adanya kesulitan teknis peralatan praktek dan langkanya tenaga
pengajar. Jurusan listrik tersebut baru dibuka kembali pada tahun 1972.
Pada tahun 1966 STM Negeri Tasikmalaya mendapat ruangan belajar
tambahan berdasarkan surat perintah Pepelrada Jawa Barat
No.Print.63_5/Pepelrada DB/66 tertanggal 30 Mei 1966, STM Negeri
Tasikmalaya menerima penyerahan 9 ruang teori bekas sekolah asing Cina
beralamat dijalan pengaduan kuda no.42 Tasikmalaya.
Pada Tahun 1987, SMK Negeri 2 pernah menggunakan
kegiatan belajar mengajar di tiga lokasi sekaligus, yaitu di Jln.
RAA.Wiratanuningrat No 12 Jln tentara Pelajar dan di Jalan Noenoeng
Tisnasaputra. Dilokasi terakhir inilah SMK Negeri 2 Tasikmalaya dibangun
pemerintah pusat dengan bantuan dana dari ADB (Asian Development Bank)
Loan 356. Semenjak 1987 seluruh kegiatan pindah ke Jln. Noenoeng Tisna
Saputra yang berada di Kp. Sindanggalih, Kelurahan Kahuripan Kec. Tawang
Kota Tasikmalaya. Kampus ini diresmikan secara simbolis di PPPG
Pertanian Cianjur pada Tahun 1991 oleh Mendikbud Prof. Dr. Fuad Hasan
secara bersamaan. Karena adanya perubahan nomenklatur sekolah pada tahun
1994 STM Negeri berubah namanya menjadi SMKNegeri 2 Tasikmalaya .
PERUBAHAN – PERUBAHAN :
1. Penggantian Nama
1961 – 1994 : STM Negeri Tasikmalaya
1994 s/d sekarang : SMK Negeri 2 Tasikmalaya
2. Perubahan Lokasi
1961 – 1966 : Bertempat di Jln RAA Wiratanuningrat No.12
1966 – 1987 : Bertempat di Jln RAA Wiratanuningrat No.12 dan Jln Tentara Pelajar No. 42 Tsm
1987 – sekarang : Bertempat di Jln Noenoeng Tisna Saputra,Kel. Kahuripan Kec. Tawang Kota Tasikmalaya
3. Perubahan Kurikulum
1961 – 1964 : Menggunakan Kurikulum 1954
1964 – 1976 : Menggunakan Kurikulum 1964
1976 – 1984 : Menggunakan Kurikulum 1976
1984 – 1994 : Menggunakan Kurikulum 1984
1994 – 1999 : Menggunakan Kurikulum 1994
1999 - 2004 : Menghnakan Kurikulum 1999
2004 - 2006 : Menggunakan Kurikulum edisi 2004
2006 – sekarang : Menggunakan KTSP
4. Jurusan/Bidang Keahlian
1961 – 1972 : 2 Jurusan
Jurusan Mesin
Jurusan Bangunan Gedung
1972 – 1987 : 3 Jurusan
Mesin Umum
Bangunan Gedung
Listrik
1987 – 1999 : 5 Jurusan
Bangunan
Elektronika
Listrik
Teknologi Pengerjaan Logam (TPL)
Mekanik Otomotif
1999 - 2004 : 5 Rumpun
Bangunan,
Elektronika,
Listrik,
Teknologi Pengerjaan Logam (TPL) ,
Mekanik Otomotif,
2004 – 2006 : 6 Program Keahlian
Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan,
Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan
Program Keahlian Teknik Pemesinan
Program Keahlian Teknik Instalsi Pemanfaatan Tenaga Listrik
Program Keahlian Teknik Audio Video
Program Keahlian Teknik Teknik Mekanik Otomotif
Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
2006 s/d sekarang : 7 Program Keahlian
Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan
Program Keahlian Teknik Pemesinan
Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Program Keahlian Teknik Audio Video
Program Keahlian Teknik Teknik Kendaraan Ringan
Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
Program Keahlian Teknik Program Produksi Pertelevisian
1. Penggantian Nama
1961 – 1994 : STM Negeri Tasikmalaya
1994 s/d sekarang : SMK Negeri 2 Tasikmalaya
2. Perubahan Lokasi
1961 – 1966 : Bertempat di Jln RAA Wiratanuningrat No.12
1966 – 1987 : Bertempat di Jln RAA Wiratanuningrat No.12 dan Jln Tentara Pelajar No. 42 Tsm
1987 – sekarang : Bertempat di Jln Noenoeng Tisna Saputra,Kel. Kahuripan Kec. Tawang Kota Tasikmalaya
3. Perubahan Kurikulum
1961 – 1964 : Menggunakan Kurikulum 1954
1964 – 1976 : Menggunakan Kurikulum 1964
1976 – 1984 : Menggunakan Kurikulum 1976
1984 – 1994 : Menggunakan Kurikulum 1984
1994 – 1999 : Menggunakan Kurikulum 1994
1999 - 2004 : Menghnakan Kurikulum 1999
2004 - 2006 : Menggunakan Kurikulum edisi 2004
2006 – sekarang : Menggunakan KTSP
4. Jurusan/Bidang Keahlian
1961 – 1972 : 2 Jurusan
Jurusan Mesin
Jurusan Bangunan Gedung
1972 – 1987 : 3 Jurusan
Mesin Umum
Bangunan Gedung
Listrik
1987 – 1999 : 5 Jurusan
Bangunan
Elektronika
Listrik
Teknologi Pengerjaan Logam (TPL)
Mekanik Otomotif
1999 - 2004 : 5 Rumpun
Bangunan,
Elektronika,
Listrik,
Teknologi Pengerjaan Logam (TPL) ,
Mekanik Otomotif,
2004 – 2006 : 6 Program Keahlian
Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan,
Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan
Program Keahlian Teknik Pemesinan
Program Keahlian Teknik Instalsi Pemanfaatan Tenaga Listrik
Program Keahlian Teknik Audio Video
Program Keahlian Teknik Teknik Mekanik Otomotif
Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
2006 s/d sekarang : 7 Program Keahlian
Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan
Program Keahlian Teknik Pemesinan
Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Program Keahlian Teknik Audio Video
Program Keahlian Teknik Teknik Kendaraan Ringan
Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
Program Keahlian Teknik Program Produksi Pertelevisian
5. Pergantian Kepala Sekolah
1961 - 1972 : Bpk. R. Surya Sugiarto BE
1972 - 1985 : Bpk Drs. K o d r i
1985 - 1990 : Bpk Eso S. Nurmawidjaya BE
1990 - 1993 : Bpk Drs. Suwarman
1993 - 1999 : Bpk Drs. Kosasih Slamet
1999 - (sementara) : PYMT Bpk Drs. Sumaryono (Kepala SMIKN 3)
1999 – 2001 : Bpk Drs. R. Agus Prayogo
2001 - 2002 : Bpk Drs. Agusny Gunawan
2002 - sekarang : Bpk Drs. Ario Wiguno
1961 - 1972 : Bpk. R. Surya Sugiarto BE
1972 - 1985 : Bpk Drs. K o d r i
1985 - 1990 : Bpk Eso S. Nurmawidjaya BE
1990 - 1993 : Bpk Drs. Suwarman
1993 - 1999 : Bpk Drs. Kosasih Slamet
1999 - (sementara) : PYMT Bpk Drs. Sumaryono (Kepala SMIKN 3)
1999 – 2001 : Bpk Drs. R. Agus Prayogo
2001 - 2002 : Bpk Drs. Agusny Gunawan
2002 - sekarang : Bpk Drs. Ario Wiguno
VISI MISI SMK NEGERI 2 TASIKMALAYA
1. VISI
- Terwujudnya lulusan SMK yang beriman
dan bertaqwa, cerdas, berjiwa wira usaha, Siap kerja, Mandiri,
Kompetitif, memiliki Nilai-nilai budaya Bangsa, serta dapat bersaing di
pasar global
2. MISI
- Meningkatkan Sumber Daya dalam rangka pemenuhan Pelayanan Pendidikan yang bermutu.
- Meningkatkan kualitas lulusan, melalui penerapan sikap disiplin, budi pekerti luhur, berwawasan lingkungan, dan pembelajaraan berpusat pada peserta didik yang kontekstual berbasis TIK
- Memberdayakan Sumber Daya dalam menciptakan lulusan yang berjiwa wirausaha dan memiliki kompetensi keahlian melalui pengembangan kerjasama dengan Dunia Usaha dan Industri yang relevan dalam bentuk "teaching industry" Menciptakan lulusan yang lentur terhadap berbagai perubahan teknologi dan lingkungan bisnis pada tingkat nasional maupun internasional melalui penguatan aspek matematika terapan, sains terapan, ICT, dan bahasa internasional.
- Memperkuat tata kelola melalui penerapan sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001:200.
- Menciptakan citra baik SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya melalui Prestasi.
3. NILAI-NILAI
- Saling Percaya dan Menghargai Saling percaya sesama anggota dalam melaksanakan tugas, setiap warga memiliki keinginan untuk sukses bersama, tidak saling mencurigai dengan membangun semangat keunggulan dan positive thinking, saling menghargai keunggulan, keahlian dan menyadari kekurangan masing-masing
- Kebersamaan (togetherness) Menentukan tujuan bersama, membagi dan menyelesaikan tugas bersama, mencapai hasil dan menikmati bersama
- Imtaq Beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, menjaga nilai-nilai bahwa bekerja itu adalah bahagian dari ibadah serta menjunjung tinggi moralitas
- Kretivitas dan inovasi ( Innovation and Creativity ) Kreatif dan tidak cepat puas dengan apa yang sudah dicapai, inovasi yang tiada henti.
- Pelayanan Prima Memberi layanan prima pada pelanggan internal dan eksternal dengan mengembangkan sikap ramah, pelayanan yang cepat, tepat dan efesien.
4. TUJUAN
- Mempersiapkan peserta didik berakhlakul karimah , menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di DU/DI bertaraf nasional dan internasional sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian pilihannya.
- Membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
- Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi
Tujuan Kompetensi Keahlian
Tujuan Kompetensi Keahlian yaitu membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, prilaku dan keterampilan, agar kompeten dalam :
Pencapaian pada pengembangan tujuan strategis SMK Negeri 2 Tasikmalaya diperlukan sejumlah tujuan strategis yang menggambarkan kondisi yang harus dicapai pada tahun 2014. Tujuan Strategis dari tujuan strategis di atas adalah sebagai berikut:
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kebutuhan yang berkembang pesat yang juga harus direspon secara tepat oleh pendidikan kejuruan, dan karena itu ICT dan program-program inovatif lainnya harus diprogramkan baik dalam bentuk penyusunan isi materi pembelajaran dan infrastruktur.
Strategi umum yang digunakan untuk memastikan keberhasilan dalam pelaksanaan program sekolah tahun 2014 adalah :
Tujuan Kompetensi Keahlian yaitu membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, prilaku dan keterampilan, agar kompeten dalam :
-
Bidang kompetensi keahlian yang diberikan, sehingga mampu mengembangkan dan
mengaplikasikan dalam pekerjaanya secara mandiri dan dapat mengisi
lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai
tenaga kerja tingkat menengah yang handal.
-
Memilih karier, mampu berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam kompetensi keahlian.
-
Menciptakan lapangan kerja sendiri atau berwirausaha dalam bidang kompetensi keahlian.
-
Melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi sesuai kompetensi yang diampunya.
Pencapaian pada pengembangan tujuan strategis SMK Negeri 2 Tasikmalaya diperlukan sejumlah tujuan strategis yang menggambarkan kondisi yang harus dicapai pada tahun 2014. Tujuan Strategis dari tujuan strategis di atas adalah sebagai berikut:
- Dalam rangka pemenuhan APK Kota Tasikmalaya, SMK Negeri 2 Tasikmalaya meningkatkan kapasitas daya tampung sampai 66 rombel = Kelas 2112 siswa
- Seluruh Kompetensi keahlian Terakreditasi A dengan skor minimal 96
- Bersertifikat serta mengimplementasikan secara konsisten dan konsekwen Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008;
- Mengimpelementasikan e-learning;
- 70% dari Lulusan bekerja pada Tahun lulusan;
- Mengembangkan Teaching industri kreatif dalam rangka pengembangan pengintegrasian pelajaran kewirausahaan.
- Sistem administrasi Akademik sudah berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di mana setiap siswa waktu dapat mengakses transkrip masing-masing
- Menjadi Sekolah Bertaraf Internasional dengan terlebih dahulu memenuhi sembilan tuntutan komponen jaminan mutu diantaranya:
- Model pembelajaran diperkaya dengan model dari sekolah unggul dari negara-negara anggota OECD dan / atau negara maju lainnya yang memiliki keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan
- Menerapkan pembelajaran berbasis ICT dalam semua mata pelajaran.
- Belajar mata pelajaran sains, matematika dan inti kejuruan menggunakan bahasa Inggris, sementara pembelajaran mata pelajaran lain, kecuali bahasa asing, harus menggunakan bahasa Indonesia
- Diperkaya dengan model penilaian sekolah unggul dari negara-negara anggota OECD dan / atau negara maju lainnya yang memiliki keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan
- Semua guru mampu memfasilitasi pembelajaran berbasis ICT
- Kepala Sekolah bisa berbicara bahasa Inggris secara aktif
- Setiap kelas dilengkapi dengan sarana pembelajaran berbasis ICT
- Perpustakaan dilengkapi dengan fasilitas digital dan memberikan akses ke pembelajaran berbasis ICT di seluruh dunia
- Dilengkapi dengan ruang multimedia, seni pertunjukan budaya daerah, fasilitas olahraga, klinik, dan sebagainya.
- Minimal terjalinnya satu sister schools dengan sekolah internasional di luar negeri
- Sekolah Bebas narkoba dan rokok
- Sekolah Bebas kekerasan (bullying)
- Menerapkan model pembiayaan yang efisien untuk mencapai berbagai sasaran Indikator Kunci Tambahan
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kebutuhan yang berkembang pesat yang juga harus direspon secara tepat oleh pendidikan kejuruan, dan karena itu ICT dan program-program inovatif lainnya harus diprogramkan baik dalam bentuk penyusunan isi materi pembelajaran dan infrastruktur.
Strategi umum yang digunakan untuk memastikan keberhasilan dalam pelaksanaan program sekolah tahun 2014 adalah :
- Melaksanakan sistem pembelajaran sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan;
- Memenuhi dan memperbaiki infrastruktur pendidikan kejuruan yang berkualitas;
- Menggali sumber-sumber dana untuk meningkatkan keterjangkauan layanan berkualitas;
- Memperkuat sistem manajemen sekolah.
" Alumni SMK Negeri 2 Tasikmalaya 2011/2012 "
0 comments:
Post a Comment