News Update :

Cara Memproteksi Komputer Tanpa Anti Virus

Friday, October 12, 2012



Virus adalah salah satu diantara sekian banyak persoalan yang tidak bisa dihindari oleh pengguna komputer. Terutama pemakai Sistem Operasi Windows. Ada berbagai macam solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini. Dari memasang Anti-Virus hingga menggunakan program khusus untuk mengunci sistem dan aplikasi.

Namun, bagi para pengguna OS Microsoft Windows XP dan 2000 ada berbagai trik untuk memproteksi komputer dari serbuan virus tanpa harus menggunakan program khusus. Cukup dengan mengoptimalkan settingan Group Policy. Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Buka Control Panel – Administrative Tools.
  2. Buka Local Security Policy.
  3. Pada Software Restriction Policies, klik kanan pilih Create New Policies.
  4. Pilih Additional Rules.
  5. Tambahkan Rules baru dengan klik kanan pada tab bagian kanan lalu pilih New Path Rule.
  6. Pada form yang telah tersedia masukkan path (ex. D:\) lalu Ok.
  7. Teruskan dengan menambahkan beberapa path lain yang tidak kita inginkan ada program yang dieksekusi di dalamnya (pada kasus virus yang umumnya disebarkan lewat flashdisk maka masukkan path yang biasanya digunakan untuk flashdisk.)
  8. Selesai.


Untuk mengujinya, cobalah log off lalu coba jalankan sebuah file .exe dari path yang sudah didaftarkan tadi. (kalau langkah-langkahnya sudah benar, seharusnya file tersebut tidak bisa dieksekusi lagi dan akan keluar pesan bahwa tidak diijinkan oleh Administrator.). Tutorial ini hanya berlaku bagi pengguna windows XP dan 2000. Khusus pengguna? linux tidak perlu menggunakan trik ini.

Good luck....
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Stephan El Shaarawy 2010 -2011 | Design by BenMuha Go Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.